Download Kitab Al-Umm Imam Asy-Syafi'i

Unknown Jumat, 05 April 2013

Kitab Al Umm Merupakan Karya Besar yaitu Abu Abdullah Muhammad Bin Idris Asyafi'i.yang lebih akrab disebut Imam Syafi'i. kitab ini membahas tentang masalah Fiqih ala Syafi'i (madzhab Syafi'i)
   
Kitab al-Umm adalah satu di antara kitab-kitab Imam Syafi’i yang sangat terkenal. Di sana termuat fiqih Imam Syafi’i. Maka tidak jarang bila dalam sebuah pembahasan hukum fiqih disebutkan “menurut Imam Syafi’i” maka yang dimaksud adalah dalam kitab al-Umm tersebut.

Al-Hafidz ibnu Hajar berkata: “Jumlah kitab (masalah)dalam kitab al-umm sebanyak 40 bab lebih -wallahu a’lam- dimulai dari kitab at-Thaharah kemudian kitab as-Shalat. Begitu seterusnya yang beliau susun berdasarkan bab-bab fiqih …”


Dalam Al-Umm, Imam Syafi’i lebih banyak memuat fatwa-fatwa baru (Qaul Jadid)-nya yang di susun sewaktu dia mengembara ke Mesir. Kitab ini merupakan perbaikan dan penyempurnaan dari kitab Al-Hujjah  yang dikarangnya sewaktu dia berada di Baghdad.  Kitab yang lebih menekankan hadis-hadis fikih ini di tulis melalui pendektean kepada murid-muridnya. Mereka adalah, Yusuf bin Yahya al-Buwaithi, Ali Ibrahim Ismail bin Yahya Al-Muzanni dan Imran al-Rabi’ bin Sulaiman al-Marawi. Mereka bertigalah yang telah berperan dalam mengumpulkan dan meriwayatkan Qaul Jadid Imam Syafi’i tersebut, sehingga jika ada perbedaan nukilan dari Syafi’i, maka riwayat dari salah seorang dari ketiganyalah yang dianggap lebih dapat dipercaya.



كتاب الام للإمام
كتاب الام للإمام أبي عبد الله محمد بن ادريس الشافعي الهاشمي المكي
والكتاب من رواية الامام أبي محمد الربيع بن سليمان المرادي وفي كشف الظنون: كتاب الام جمعه البويطى ولم يذكر اسمه وقد نسب إلى ربيع بن سليمان بوبه الامام أبو محمد الربيع بن سليمان المرادي المؤذن بمصر فنسب إليه دون من صنفه وهو البويطي فانه لم يذكر نفسه فيه ولا نسبه إلى نفسه كما قال الغزالي في الاحياء قال في المهمات وهو نحو خمس عشرة مجلدة متوسطة.

طبع أول مرة في المطبعة الأميرية بولاق مصر سنة 1321 , وبهامشه مختصر الامام المزني أبي ابراهيم اسماعيل بن يحيى , ويتبعه مسند الامام الشافعي وكتاب اختلاف الحديث

ــــــــــــ

طبعة المطبعة الأزهرية القاهرة تحقيق محمد زهري النجار


Download Kitab PDF Berwarna
Download Kitab PDF Hitam putih
Download Kitab Format DJVU




Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

1 komentar:

  1. assalamu'alaikum...saudara ada yg jawi atau tulisan rumi utk kitab ini? jika ada boleh emailkan kepada saya? terima kasih

    fieahmad_utm@yahoo.com

    BalasHapus

Assalaamualaikum
Bila berkenan tinggalkanlah komentar di blog ini, supaya kami bisa mengnang para pengunjung setia Blog ini

Cara berkomentar bagi yang belum memiliki blog:

1. Klik select profile -->> pilih Name/URL.
2. Isi nama Anda dan isi URL dengan alamat Facebook Anda/ kosongkan saja.
3. Klik Lanjutkan.
4. Ketik komentar anda dan klik PUBLISH.
6. Komentar yang kurang sopan,Spam/SARA otomatis akan kami hapus.

Terimakasih atas kunjungan Anda.
♫♪(¯`'•.¸(¯`'•.¸**¸.•'´¯)¸.•'´ ¯)♫♪