Download Kitab Bidayat Al-Hidayah

Unknown Rabu, 27 Maret 2013

Kitab “Bidayatul Hidayah” karya ulama besar Abu Hamid Muhammad al-Ghazali ini banyak disebut-sebut sebagai Mukadimah Ihya Ulumuddin, karya masterpiece beliau yang sangat monumental itu.

Kitab ini membahas proses awal seorang hamba mendapatkan hidayah dari Allah Ta’ala, dimana sang hamba sangat membutuhkan pertolongan dan bimbingan dari-Nya. Juga menjelaskan seputar halangan  maupun rintangan yang tersebar di sekitarnya, yaitu ketika sang hamba berusaha untuk mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta, melalui tata cara dan  adab yang benar.

Kitab ini secara garis besar berisi tiga bagian. Yakni, Bagian tentang adab-adab ketaatan, bagian tentang meninggalkan maksiat, dan bagian tentang bergaul dengan manusia, Sang Maha Pencipta, dan sesama makhluk. Menurut al-Ghazali, jika hati kita condong dan ingin mengamalkan apa-apa yang ada di kitab ini, maka berarti kita termasuk seorang hamba yang disinari oleh Allah dengan cahaya iman di dalam hati.


Sebenarnya kitab BIDAYATUL HIDAYAH ini telah pun diterjemahkan ke dalam Bahasa Melayu oleh seorang tokoh yang terkenal iaitu Al-Alim Al-Allamah As-Syeikh Abdus Samad Al-Falimbani (meninggal sekitar tahun 1203 h).Terjemahan beliau dinamakan sebagai Hidayatussalikin Fisuluki Maslakil Muttaqin.Kitab ini amat terkenal di rantau Asia Tenggara kerana ia mempunyai gaya bahasa yang tinggi dan huraian yang lengkap serta penambahan yang besar faedahnya.

Berbalik semula kepada kitab BIDAYATUL HIDAYAH, kitab ini merupakan kitab tasawwuf yang terdiri dariapada beberapa bahagian perbahasan.Kitab ini dimulakan dengan pendahuluan daripada Imam Ghazali yang dituju khusus kepada para penuntut ilmu agar tidak terpedaya dengan syaitan yang selalu berusaha menyesatkan anak Adam.Bahagian pertama yang dibincangkan dalam kitab ini ialah tentang adab-adab melaksanakan ketaatan yang kemudiannya disusuli dengan cara-cara meninggalkan maksiat dan adab-adab bermuamalah dangan Khalik dan makhluk. 



بداية الهداية

يعبر الكتاب بصاحبه إلى الطريق الهداية والفلاح ، فهو بحق بداية للخير وهداية إلية ، يرشد الطالبين وينير الطريق أمام السالكين ، فيتناول آداب الاستيقاظ ودخول الخلاء والوضوء والغسل والتيمم وآداب الصلاة والإمامة والصيام ، والقول في معاصي القلب وغيرها من الموضوعات الكثير والكثير ، ويفيد الكتاب بمعارفه ومضامينه المبتدئ والمتبحر في العلوم ، فهو من الكتب التي تلقتها الأمة بالقبول نظرا لعظيم نفعه وشأنه في تناوله للمعارف والعلوم



Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

3 komentar:

  1. Assalaamualaikum.
    Terimakasih atas kunjunganya, dan bila berkenan untuk berkomentar di blog kami
    Kumpulan Kitab Kuning
    Kami persilahkan dan kami ucapkan beribu-ribu terimakasih

    BalasHapus
  2. alhamdulillah jazaakumulloh khoiron katsiron, semoga blog ini mewmbawa manfaat yg besar li 'izzil islam wal muslimin......
    barangkali boleh minta diupload juga kitab maulid dan kitab yang di pasaran sudah jarang seperti thobaqotul awliya', thobaqotul kubro dll

    BalasHapus

Assalaamualaikum
Bila berkenan tinggalkanlah komentar di blog ini, supaya kami bisa mengnang para pengunjung setia Blog ini

Cara berkomentar bagi yang belum memiliki blog:

1. Klik select profile -->> pilih Name/URL.
2. Isi nama Anda dan isi URL dengan alamat Facebook Anda/ kosongkan saja.
3. Klik Lanjutkan.
4. Ketik komentar anda dan klik PUBLISH.
6. Komentar yang kurang sopan,Spam/SARA otomatis akan kami hapus.

Terimakasih atas kunjungan Anda.
♫♪(¯`'•.¸(¯`'•.¸**¸.•'´¯)¸.•'´ ¯)♫♪