Senin, 08 April 2013

Gelar Ulama dan Istilahnya di Madzhab Asy-Syafi'i

GELAR ULAMA

Identitas para ulama dalam pembahasan kitab-kitab salaf sering kali disebutkan dalam bentuk laqob (gelar/julukan). Pemberian laqob tersebut disesuaikan dengan kapasitas, kepedulian dan tingkatan/kedudukan seseorang pada disiplin ilmu tertentu dan laqob tersebut pada akhirnya justru lebih dikenal daripada nama aslinya.
Untuk menelusuri suatu pendapat yang dinisbatkan kepada salah satu ulama dan sekaligus mengklasifiksikannya dalam kategori kuat atau lemah, sudah barang tentu harus mengetahui laqob-laqob tersebut. Selain itu, untuk menghindari kesalah pahaman dituntut pula untuk mengetahui laqob-laqob yang terdapat pada fan-fan lain (selain fiqh). Hal ini dikarenakan masing-masing fan ilmu sering kali menggunakan laqob yang sama namun yang dimaksud berbeda. Seperti gelar “As-Syaikh” menurut istilah fiqh, hadist, mantiq maupun balaghoh mempunyai maksud yang berbeda. Oleh karena itu, berikut ini adalah gelar-gelar (laqob) fuqoha Syafi’iah (ulama bermadzhab Syafi’i).


GELAR-GELAR ULAMA FUQOHA SYAFI’IYAH
الامام (dalam fiqh) adalah Imam Al-haromain Abu al-Ma’ali Abd Malik bin Abi Muhammad al-Juwaini (419-478 H). beliau menetap di Makkah dan Madinah selama 4 tahun, oleh karena itu di beri gelar Al-haromain yang berarti imamnya dua tanah haram. Termasuk murid-murid beliau yang masyhur adalah al-Ghozali. Karya-karya beliau antara lain : Al-Irsyad, Al-Waroqot, Nihayatul Mathlab, dan lain-lain.
الإمام
(dalam Ushul Fiqh dan Mantiq) : Fakhruddin Muhammad bin Hasan bin Husain Ar-Rozi (543-606 H). dimakamkan di tanah Haroh. Karya-karya beliau antara lain : Mafaatihul Ghoib (tafsir), Syarah al-Isyarot dan Lubabul Isyarot (Mantiq).
الشيخ
(dalam fan fiqh) : Abu Ishaq Ibrahim bin Ali bin Yusuf Assairozi (393-476 H). Assyairozi merupakan julukan beliau yang dinisbatkan pada daerah Syairoz, sebuah kota besar di tanah Persia. Karya-karya beliau antara lain : Al-Muhaddzab (fiqh), Al-Luma beserta syarahnya (Ushul fiqh) dan lain-lain.
الشيخ
(dalam fan balaghoh) : Abu Bakar Abd Qohir bin Abdurrahman Al-Jurjani. Beliau pencetus dan pencipta ilmu Balaghoh. Wafat pada tahun 471 H.
شيخان
(dalam fan hadist) : Al-Imam Al-Hafidz Abu Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrohim Al-Bukhori (194-256 H). dan Al-Imam Al-hafidz Abu Husain bin Hajjaj bin Muslim Al-Qusyairi An-Naisaburi (174-261 H).
شيخان
(dalam fan fiqh) : An-Nawawi dan Ar-Rofi’i. An-Nawawi dengan nama lengkap Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syarof An-Nawawi, lahir di kota Nawa Damaskus Syiria tahun 631 H. dan wafat pada tanggal 24 Rojab 676 H. karya-karya beliau antara lain : Al-Majmu’ syarah Al-Muhaddzab, Ar-Raudoh, Minhajut-Tholibin dan lain-lain. Sedangkan Ar-Rofi’I dengan nama lengkap Abu al-Qosim Abdul Karim bin Muhammad. Ar-Rofi’I merupakan julukan yang dinisbatkan pada sahabat Nabi yang bernama Rofi’ bin Khodij. Beliau wafat tahun 623/624 H. karya-karya belaiu antara lain : Al-Muharror Syarah Al-Wajiz As-Shogir dan Al-Kabir yang diberi judul Fathul Aziz.
الشيوخ
(dalam fan fiqh) : Al-Imam Nawawi, Ar-Rofi’I dan As-Subki. As-Subki dengan nama lengkap Taqiyuddin Abu Husain Ali bin Abdul Kafi bin Tamam (683-755 H). karya-karya beliau mencapai 150 buah kitab termasuk termasuk karyanya adalah Tafsir Al-Quran dan Syarah Al-Minhaj (fiqh).
شيخنا
Ketika diucapkan oleh Al-Mahalli, Ibnu Hajar dalam kitab Tuhfanya dan Muhammad Al-Khotib As-Syarbini, yang dimaksud adalah Syaikhul Islam Zakaria Al-Anshori (841-925/826-926 H). karya-karya beliau diantarnya : Syarah Ar-Raoudl (fiqh), Lubbul Ushul beserta Syarahnya (Ushul fiqh) dan lain-lain.
Catatan :
Menurut Sayyid Alwi bin Ahmad As-Saqof dalam kitab Fawaid al-Makiyah, jika Al-Mahalli mengucapkan kata “Syaikhuna” (Syaikhul islam Zakaria Al-Anshori), hal ini akan memberikan pengertian bahwa Al-Mahalli adalah muridnya Zakaria Al-Anshori, padahal yang dimaksud bukanlah demikian. Justru Syaikhul Islam Zakaria Al-Anshori itu muridnya Al-Mahalli. Dengan demikian kata “Syaikhuna” hanya sekedar istilah untuk Zakaria Al-Anshori yang diberi gelar Syaikhul Islam.
الشيخ
Jika istilah tersebut diucapkan oleh Imam Muhammad Ar-Romli yang dimaksud adlah Zakaria Al-Ansori. Imam Romli mempunyai nama lengkap Syamsudin Muhammad bin Ahmad Ar-Romli (919-1004 H). beliau terkenal dengan julukan Syafi’I Shogir karena sangat jenius dalam bidang fiqh, ternasuk karya-karya beliau : Nihayatul Muhtaj, Ghoyatul Bayan (syarha Nadzom Az-Zubad) dan lain-lain.
شيخي
Jika istila tersebut diucapkan oleh Al-Khotib As-Syarbini, maka yang dimaksud adalah Syihabudin Ahmad bin Hamzah Ar-Romli (Ar-Romli Kabir ayahanda dari Muhammad Ar-Romli Shogir).
القاضى
(dalam fan fiqh), bila disebutkan dalam kitab Mutaakhirin, maka yang dimaksud adalah Husain bin Muhammad bin ahmad Al-Marwazi (wafat 462 H). beliau termasuk ashabul Wujuh. Ketika disebut dalam kitab-kitab Mutaqoddimin, maka yang dimaksud adalah Al-Qodli Abu Hamid Al-Marwarudzi, pengarang syarah Mukhtasor Al-Muzani.
القاضى
(dalam fan ushul fiqh) : Abu Bakar Muhammad bin Thoyib bin Muhammad bin Ja’far Al-Baqilani (wafat 403 H). beliau banyak menelurkan karya-karya menentang kaum Rafidloh dan Mu’tazilah.
القاضى
(dalam fan tafsir) : adalah Nashirudin Abdulloh bin Umar Al-Baidlowi (wafat tahun 691 H). karya-karya beliau : At-Thowali (Ushuludin), Minhajul Wushul (Ushul fiqh) dan Mukhtasor Al-Kassyaf.
القاضى
Ketika disebut dalam kitab-kitab hadist maka yang dimaksud adalah Al-Qodli ‘Iyad bin Musa ‘Iyad.
قاضيان
Yang dimaksud adalah Imam Ar-Ruyani dan Al-Mawardi. Ar-Ruyani dengan nama lengkap Fakhrul Islam Abul Mahasin Abdul wahid bin ismail Ar-Ruyani. Lahir bulan Dzul Hijjah tahun 415 H dan wafat pada 11Muharom tahun 502 H. karya-karya beliau : Al-bahr syarah Al-Mukhtasor dan lain-lain.
الشارح/الشارح المحقق
(dalam fan fiqh) : Imam Jalaluddin Al-Mahalli (791-864). Banyak sekali karyanya baik dalam fiqh, ushul fiqh, tafsir, antara lain : Syarah Al-Minhaj (fan fiqh), Syarah Jam’ul Jawami’, Syarah Al-Waroqot (ushul fiqh) dan juz pertama dari tafsir jalalain. Istilah tersebut karyanya berlaku sebagaimana diatas, selama kitab yang disebutkan tidak mempunyai istilah sendiri, jika mempunyai istilah sendiri seperti kitab syarah Al-Irsyad, maka yang dimaksud dengan istilah As-Syaarih adalah Imam Al-Jurjani (822-889 H). adapaun kata Syaarih (tanpa Alif lam) yang dimaksud adalah salah satu dari ulama yang mensyarahi sebuah kitab.
الشراح
(dalam fan fiqh) : adalah para ulama yang mensyarahi (mengomentari) kitab Minhajut-Tholibin karya An-Nawawi.
الشراح
(dalam fan nahwu) : adalah para ulama yang mensyarahi kitab alfiah ibnu Malik.
القفال
Adalah Imam Qoffal As-Shoghir dengan nama lengkap Abu Bakar Abdillah bin Ahmad bin Abdillah Al-Marwazi (327-417 H). beliau diberi julukan Qoffal yang berarti tukang kunci karena semasa mudanya bekerja sebagai ahli kunci.
Catatan :
Jika yang dikehendaki bukan Qoffal As-Shoghir maka ditulis dengan Qoffal Al-Kabir, adalah Abu Bakar Al-Qoffal atau As-Syasi. Adapun nama lengkapnya adalah Abu Bakar Muhammad bin Ali bin Ismail Al-Kabir (291-365 H). imam Qoffal As-Syasi bukanlah yang dikehendaki dengan kata “As-Syasi” ketika dimutlakkan, karena bila dimutlakkan yang dimaksud “As-Syasi” adalah : Fakhrul Islam Abu Bakar Muhammad bin Ahmad bin Husen As-Syasi (429-505 H). pengarang kitab As-Syafi syarah Mukhtasor Muzani.
ابن حجر
(dalam fan fiqh) : adalah Ibnu Hajar Al-Haitami (909-973 H). nama lengkapnya adalah Syihabuddin Ahmad bin Ahmad bin Hajar Al-Haitami. Al-Haitami merupakan julukan yang dinisbatkan pada sebuah desa di Mesir. Termasuk karya beliau yang terkenal adalah : Al-Imdad, Fathul Jawad (syarah Al-Irsyad) dan Tuhfatul Muhtaj syarah Al-Minhaj. Jika yang dikehendaki Ibnu Hajar Al-Asqolani maka dalam kitab fiqh penulisannya diucapkan Ibnu Hajar Al-Hafidz atau Al-Hafidz Ibnu Hajar.
ابن حجر
(dalam fan hadist) : adalah Ibnu Hajar Al-Asqolani. Nama lengkapnya adalah Syaikhul Islam Ahmad bin Ali bin Ahmad Al-Asqolani. Beliau wafat pada tanggal 18 Dzul Hijjah 852 H. banyak sekali karya beliau terutama yang berhubungan dengan ilmu hadist seperti kitab Fathul Bari syarah Bukhori.
السبكي
Adalah Taqiyyuddin As-Subki (683-756 H), ayah dari Imam Tajuddin As-Subki.
السبكي التاج
Yang dimaksud adalah Tajuddin as-Subki putra imam Taqiyyudin As-Subki. Nama lengkapnya adalah Tajuddin As-Subki bin Nashor Abdul Wahab bin Ali As-Subki. As-subki merupakan julukan yang dinisbatkan pada sebuah desa di Mesir. Karya beliau antara lain : Jam’ul Jawami’, Man’ul Ma’ani. Beliau meninggal hari selasa tanggal 7 Dzul Hijjah 771 H karena wabah Thoun dalam usia 44 tahun.
حجة الاسلام
Yang dimaksud adalah Imam Abu Hamid Muhammad bin Muhammad bin Muhammad Atthusi Al-Ghozali (450-505 H).
سلطان العلماء
Yang dimaksud adalah Izzudin Abdul Aziz bin Abdis Salam bin Abi al-Qosim As-Salami ad-Damasqy (577-660 H).
شارح التنبيه
Yang dimaksud adalah Abu Al-Fadlol Ahmad bin Musa bin Yunus Al-Mushi Al-Irbili.
الشيخ
Ketika disebut oleh pengarang kitab Kifatu Al-Akhyar yang dimaksud adalah Qodli Abu Syuja’ Syihabudin Ahmad bin Husain bin Ahmad Al-Asfihani (328-488 H).
الفقيه
Yang dimaksud adalah Najmuddin Abu al-Abbas Ahmad bin Muhammad bin Ali bin Rif’ah Al-Anshori Al-Mishri (645-710 H).
افتى به الوالد
Ketika diungkapkan oleh Ar-Romli maka yang dimaksud adalah orang tuanya yaitu Syihabudin Ahmad bin Hamzah Al-Anshori.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Assalaamualaikum
Bila berkenan tinggalkanlah komentar di blog ini, supaya kami bisa mengnang para pengunjung setia Blog ini

Cara berkomentar bagi yang belum memiliki blog:

1. Klik select profile -->> pilih Name/URL.
2. Isi nama Anda dan isi URL dengan alamat Facebook Anda/ kosongkan saja.
3. Klik Lanjutkan.
4. Ketik komentar anda dan klik PUBLISH.
6. Komentar yang kurang sopan,Spam/SARA otomatis akan kami hapus.

Terimakasih atas kunjungan Anda.
♫♪(¯`'•.¸(¯`'•.¸**¸.•'´¯)¸.•'´ ¯)♫♪