Sabtu, 06 April 2013

Download Kitab Al-Muhadzzab



Dalam khazanah fiqih Syafi’I kitab Al-Muhadzzab merupakan salah satu diantara sekian banyak kitab-kitab Safi’iyyah yang menjadi induk setelah kitab yang ditulis oleh para perawi Imam Syafi’i ( Imam Rabi’, Imam Muzzani, Imam Buwaithi dan Imam Harmalah).

Kitab ini menyampaikan qaul-qaul imam Syafi’i yang diriwayatkan keempat imam murid beliau, sehingga dapat dijumpai beberapa versi qaul Syafi’i yang berbeda sesuai dengan riwayat yang disampaikan oleh keempat imam, misalnya dalam Bab Thoharoh tentang barang suci yang bisa merusak kemutlakan air dan yang tidak, Imam Buwaithi mengatakan bahwa air tersebut tidak dapat digunakan untuk berwudlu, seperti air yang tercampur minyak za’faron, sementara Imam Muzani memperbolehkan wudlu dengan air itu, karena perubahan air itu sebab berdampingan saja (tidak bercampur) beliau meng-ilhaq-kannya dengan air yang berubah sebab berdekatan dengan bangkai.

Dalam bagian lain, juga akan dijumpai periwayatan yang bertentangan dengan kaidah-kaidah madzhab dan ushul, dalam kasus ini biasanya oleh mushonnif dijelaskan bahwa qoul ini adalah khotho’, gholath, naql sayyi’. Laisa bi syai’, atau syadz wa dloif. Perbedaan-perbadaan semacam ini bukanlah hal yang mengherankan, sebagaimana para shahabat berbeda pula dalam menyampaikan dari Rosulullah SAW.

المهذب فى فقه الامام الشافعى
تأليف أبي إسحاق إبراهيم بن علي بن يوسف الفيروزآبادي الشيرازي/ ت 476هـ, و بذيله: النظم المستعذب في شرح غريب المهذب

طبع في دار الفكر وفي الكتب العلمية بيروت في 3 مجلدات, وفي دار الكتب العلمية بيروت الطبعة الأولى 1412 تحقيق زكريا عميرات, وفي دار القلم دمشق, والدار الشامية بيروت الطبعة الأولى 1412 تحقيق محمد الزحيلي في 6 مجلدات

Download Kitab PDF
Cetakan Darul Ilmiyah : Link 1, Link 2, Link 3, Link 4
Cetakan Darul Qalam : Link 1, Link 2, Link 3, Link 4, Link 5, Link 6, Link 7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Assalaamualaikum
Bila berkenan tinggalkanlah komentar di blog ini, supaya kami bisa mengnang para pengunjung setia Blog ini

Cara berkomentar bagi yang belum memiliki blog:

1. Klik select profile -->> pilih Name/URL.
2. Isi nama Anda dan isi URL dengan alamat Facebook Anda/ kosongkan saja.
3. Klik Lanjutkan.
4. Ketik komentar anda dan klik PUBLISH.
6. Komentar yang kurang sopan,Spam/SARA otomatis akan kami hapus.

Terimakasih atas kunjungan Anda.
♫♪(¯`'•.¸(¯`'•.¸**¸.•'´¯)¸.•'´ ¯)♫♪